Kamis, 28/07/2011 09:07 WIB

Kamar Lebih Nyaman dengan Penataan Feng Shui

Hestianingsih - wolipop

Halaman 1 dari 3
img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Dalam ranah Feng Shui, kamar tidur merupakan salah satu ruang paling penting di dalam rumah. Hal ini karena, sebagian besar waktu kita dihabiskan di kamar. Di sini pula, kita mendapatkan energi 'chi' yang bisa membawa pengaruh positif bagi ketenangan jiwa.

Erica Sofrina, ahli Feng Shui dan penulis buku "Small Changes, Dynamic Results! Feng Shui for the Western World" menjelaskan, pemilihan warna tertentu, peletakan furnitur dan penambahan unsur yang tepat akan menciptakan kamar tidur yang bisa menjadi 'suaka' untuk istirahat dan mengisi energi positif. Berikut ini tips menata kamar sesuai Feng Shui, seperti dikutip dari Care2:

1. Pemilihan Warna
Dalam filosofi Feng Shui, selalu ada dua komponen; Yin (tenang) dan Yang (aktif) yang harus diperhatikan. Kamar tidur haruslah menjadi tempat untuk istirahat, mengisi kembali energi, bukanlah tempat untuk banyak beraktivitas seperti ruang kantor atau dapur. Area rumah yang satu ini, harus bisa membuat penghuninya merasa senang dan rileks. Jadi, warna-warna terang dan mencolok tidak cocok diterapkan di sini, karena bisa mengganggu kenyamanan tidur.

Palet kelam dan earthy merupakan warna-warna paling ideal untuk kamar tidur. Anda bisa memilih berbagai gradasi warna seperti kuning pucat, kelabu tua, merah bata, terakota, creamy peach atau aprikot (oranye lembut). Tone warna seperti biru tua, hijau, hitam dan abu-abu terlalu 'dingin' dan hanya direkomendasikan untuk aksen-aksen kecil di kamar tidur.

Warna-warna tersebut, merepresentasikan elemen air dan bisa menciptakan kesan kamar terlalu luas dan kurang membumi. Kamar tidur, adalah tempat untuk peremajaan fisik serta jiwa, mengembalikan energi. Jadi sebaiknya menghadirkan kesan earthy. Anda bisa menggunakan warna gelap berelemen air hanya sebagai aksen kecil pada kamar. Misalnya pada pajangan kamar, karpet, atau aksen garis di dinding.

Ingin membuat suasana kamar lebih hangat dan sensual? Tambahkan unsur 'api' dari palet warna plum, coral, terakota, merah berry atau burgundy. Tapi jangan jadikan warna-warna tersebut sebagai komponen dominan di kamar Anda. Gunakan warna ini untuk sarung bantal, keset atau lilin hias.

2. Unsur Romantis
Bila ingin pasangan betah berlama-lama di kamar Anda, tempatkan objek-objek yang berpasangan. Misalnya dua buah lilin merah, dua tangkai mawah dalam vas, sepasang patung burung merpati, dua buah lampu tidur dengan model sama atau dua meja hias di sisi kiri-kanan tempat tidur.Next

Halaman 1 2 3
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot