Kamis, 28/07/2011 09:07 WIB

Kamar Lebih Nyaman dengan Penataan Feng Shui

Hestianingsih - wolipop
Kamar Lebih Nyaman dengan Penataan Feng Shui Dok. Thinkstock
Jakarta - Dalam ranah Feng Shui, kamar tidur merupakan salah satu ruang paling penting di dalam rumah. Hal ini karena, sebagian besar waktu kita dihabiskan di kamar. Di sini pula, kita mendapatkan energi 'chi' yang bisa membawa pengaruh positif bagi ketenangan jiwa.

Erica Sofrina, ahli Feng Shui dan penulis buku "Small Changes, Dynamic Results! Feng Shui for the Western World" menjelaskan, pemilihan warna tertentu, peletakan furnitur dan penambahan unsur yang tepat akan menciptakan kamar tidur yang bisa menjadi 'suaka' untuk istirahat dan mengisi energi positif. Berikut ini tips menata kamar sesuai Feng Shui, seperti dikutip dari Care2:

1. Pemilihan Warna
Dalam filosofi Feng Shui, selalu ada dua komponen; Yin (tenang) dan Yang (aktif) yang harus diperhatikan. Kamar tidur haruslah menjadi tempat untuk istirahat, mengisi kembali energi, bukanlah tempat untuk banyak beraktivitas seperti ruang kantor atau dapur. Area rumah yang satu ini, harus bisa membuat penghuninya merasa senang dan rileks. Jadi, warna-warna terang dan mencolok tidak cocok diterapkan di sini, karena bisa mengganggu kenyamanan tidur.

Palet kelam dan earthy merupakan warna-warna paling ideal untuk kamar tidur. Anda bisa memilih berbagai gradasi warna seperti kuning pucat, kelabu tua, merah bata, terakota, creamy peach atau aprikot (oranye lembut). Tone warna seperti biru tua, hijau, hitam dan abu-abu terlalu 'dingin' dan hanya direkomendasikan untuk aksen-aksen kecil di kamar tidur.

Warna-warna tersebut, merepresentasikan elemen air dan bisa menciptakan kesan kamar terlalu luas dan kurang membumi. Kamar tidur, adalah tempat untuk peremajaan fisik serta jiwa, mengembalikan energi. Jadi sebaiknya menghadirkan kesan earthy. Anda bisa menggunakan warna gelap berelemen air hanya sebagai aksen kecil pada kamar. Misalnya pada pajangan kamar, karpet, atau aksen garis di dinding.

Ingin membuat suasana kamar lebih hangat dan sensual? Tambahkan unsur 'api' dari palet warna plum, coral, terakota, merah berry atau burgundy. Tapi jangan jadikan warna-warna tersebut sebagai komponen dominan di kamar Anda. Gunakan warna ini untuk sarung bantal, keset atau lilin hias.

2. Unsur Romantis
Bila ingin pasangan betah berlama-lama di kamar Anda, tempatkan objek-objek yang berpasangan. Misalnya dua buah lilin merah, dua tangkai mawah dalam vas, sepasang patung burung merpati, dua buah lampu tidur dengan model sama atau dua meja hias di sisi kiri-kanan tempat tidur.

Anda juga bisa menempatkan gambar-gambar romantis. Misalnya lukisan pria dan wanita sedang bermesraan, atau lukisan surrealis yang menggambarkan romantisme. Tak terlalu suka dengan lukisan? Anda bisa memilih poster-poster film romantis klasik dari era 60-an.

3. Keamanan
Salah satu unsur penting dalam penataan ruang menurut Feng Shui, adalah mengutamakan rasa aman di kamar tidur Anda sendiri. Rasa aman, akan membuat tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas.

Pindahkan semua furnitur yang rentan menyebabkan kecelakaan dan cidera, terutama tempat tidur dengan sudut-sudut yang tajam. Tempat tidur seperti ini berisiko membuat tulang kering Anda terbentur, atau kaki tersandung. Pilihlah tempat tidur dengan sudut membulat, atau jenis spring bed yang pinggirannya diberi bantalan.

Jika terdapat kipas angin di langit-langit kamar tidur Anda, sebaiknya jangan taruh tempat tidur tepat di bawahnya. Putaran kipas angin yang tampak seperti pedang, akan mengganggu ketenangan Anda saat dalam posisi berbaring. Kenapa? Karena secara tidak sadar, Anda takut kipas angin tersebut sewaktu-waktu jatuh menimpa Anda saat tidur. Bila punya budget lebih, sebaiknya pilih AC dibandingkan kipas angin.

4. Peletakan Tempat Tidur
Idealnya, tempat tidur harus berada pada posisi di mana Anda bisa melihat pintu masuk kamar saat berbaring di atasnya. Tapi jangan taruh tempat tidur tepat di depan pintu, karena energi yang datang dari luar kamar atau lorong terlalu kuat dan bisa memengaruhi suasana hati bagi orang yang sensitif akan keberadaan energi di udara. Jika memang tidak memungkinkan untuk memindahkan posisi, usahakan pintu selalu tertutup saat Anda tidur.

Bila tempat tidur berada di depan jendela, pilihlah tempat tidur dengan sandaran besar, yang menimbulkan kesan 'melindungi'. Pasang tirai dengan warna yang meneduhkan dan bisa mem-filter cahaya dari luar kamar.

5. Pengaturan Barang-barang
Sebaiknya tidak menyimpan terlalu banyak barang di kamar tidur. Banyaknya perabotan akan membuat suasana kamar tidur pengap dan tidak nyaman. Anda mungkin bisa menyimpannya di lemari, rak atau laci meja, tapi itu bukan solusi yang paling tepat. Ingat, lemari Anda pun harus terorganisir dengan baik agar saat membuka lemari, Anda jadi lebih bersemangat menjalani hari. Bayangkan bila saat harus terburu-buru berangkat kerja dan memilih pakaian, yang Anda dapati adalah lemari dengan tumpukan pakaian tertata tak beraturan. Pasti akan menurunkan mood.

Agar kamar selalu rapi terorganisir, pilih sedikitnya enam barang atau lebih yang kira-kira tidak pernah Anda gunakan dua tahun belakangan ini. Daripada menyimpannya terus di kamar, lebih baik taruh di gudang atau pindahkan ke bagian rumah yang lain. Mungkin saja lebih berguna di situ.

Barang-barang tidak terpakai sebaiknya jangan disimpan di bawah tempat tidur, terutama senjata atau benda tajam. Jika memang kamar terlalu sempit dan harus menaruhnya di situ, kumpulkan dulu barang-barang dalam satu kontainer dan sortir yang masih dan tidak digunakan lagi. Pastikan kontainer sudah diberi tanda dengan spidol marker dan mudah ditarik keluar saat diperlukan.

6. Benda yang Sebaiknya Tidak Ada di Kamar Tidur
Sebaiknya tidak menempatkan televisi, alat-alat kantor, peralatan olahraga dan cermin besar di dalam kamar tidur. Bekerja, olahraga dan menonton televisi termasuk dalam aktivitas 'Yang', dan seharusnya dilakukan di bagian rumah, yang menjadi tempat orang melakukan banyak aktivitas --ruang keluarga, ruang kerja atau halaman belakang.

Bila kamar Anda terpaksa harus berbagi dengan ruang kerja, pasanglah tirai atau pembatas untuk menutupi laptop, kertas-kertas kerja dan dokumen kantor dari posisi tempat tidur. Untuk alat olahraga dan televisi, memang sudah seharusnya tidak ditaruh di kamar tidur, karena bisa mengganggu dorongan untuk tidur dan beristirahat.


(hst/eny)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com