Senin, 25/07/2011 09:17 WIB

5 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Makan

Hestianingsih - wolipop
5 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Makan ist.
Jakarta - Mencuci peralatan makan dengan tangan, sepertinya pekerjaan yang mudah. Tapi sebenarnya butuh ketelatenan agar piring, gelas, baskom atau peralatan makan lainnya bisa bersih sempurna.

Anda mungkin pernah mendapati piring yang tampaknya bersih, masih terasa licin karena sisa lemak dan minyak yang masih menempel. Kadang masih tercium bau amis, dan bahkan ada sisa deterjen yang bisa menempel pada makanan.

Agar cucian piring Anda bersih sempurna, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Simak tipsnya, seperti yang dikutip dari Helium.

1. Sortir Piring-piring
Pisahkan peralatan makan kotor berdasarkan fungsinya. Singkirkan semua kotoran atau sisa makanan dari piring atau gelas. Cara ini akan mencegah lubang wastafel tersumbat, atau air tetap bersih bila Anda mencucinya dengan ember besar.

Biasanya, peralatan makan terbagi atas gelas, cangkir, piring makan utama, piring dessert, sendok-garpu-pisau, kaserol dan panci. Kelompokkan jenis peralatan yang sama, untuk memudahkan pencucian.

2. Proses Mencuci
Bila dapur dilengkapi dengan wastafel cuci piring, tentu akan lebih mudah. Anda cukup menyiapkan dua wadah; satu untuk cairan deterjen, dan wadah lainnya untuk menaruh piring yang telah bersih. Tapi bila tidak punya wastafel, selalu sediakan empat wadah; untuk cairan deterjen, membilas dan menaruh piring bersih. Jangan isi ember bilasan dengan air sampai penuh, cukup setengahnya, agar air tidak banyak terbuang saat Anda membilasnya dengan air dari keran.

Anda tentunya tidak mau piring atau gelas meninggalkan bau deterjen yang bisa menempel pada makanan. Untuk mencegahnya, larutkan cairan deterjen dengan air panas. Cara ini akan membuat deterjen lebih mudah dibersihkan saat membilas.

Untuk panci, kaserol dan penggorengan, sebaiknya direndam dulu sebelum pencucian. Air akan membuat sisa makanan yang menempel pada peralatan masak melunak dan lebih mudah dibersihkan.

3. Cuci Peralatan Makan 'Bersih' Terlebih Dahulu
Selalu cuci peralatan makan yang 'bersih' terlebih dahulu. Peralatan 'bersih' adalah gelas, cangkir dan piring dessert atau buah. Fokuskan membersihkan pada bagian dalam agar semua residu terangkat. Bersihkan juga bibir gelas dan cangkir, khususnya yang terkena noda lipstik. Setelah gelas bersih, baru cuci piring makan. Gosokkan deterjen menggunakan spons lembut untuk mencegah permukaan piring tergores. Setelah bersih, tempatkah pada ember kering atau rak.

4. Panci dan Penggorengan
Peralatan masak selalu meninggalkan noda dan sisa makanan yang sulit dibersihkan. Tapi jangan menggosoknya dengan sikat atau pembersih yang terbuat dari metal, karena akan merusak lapisan anti lengket pada panci atau wajan. Gunakan spons dengan bagian permukaan yang kasar untuk membersihkannya.

Sabut atau spons metal bisa Anda gunakan untuk membersihkan wadah hidangan makanan dari kaca, seperti Pyrex. Anda juga bisa menggunakannya untuk wadah makanan yang terbuat dari metal.

5. Proses Penyelesaian
Setelah semua peralatan bersih dan kering, segera tempatkan di rak atau lemari penyimpan perabotan. Jangan biarkan terlalu lama dekat tempat cuci piring karena bisa membuat kuman-kuman kembali menempel pada permukaan gelas atau piring.

Buang air dari ember, baskom atau wastafel bekas mencuci, lalu keringkan permukaannya dengan lap bersih. Periksa apakah ada sisa kotoran di bawah wastafel. Jika ada, segera bersihkan dan buang. Gunakan cairan desinfektan secara berkala di lubang wastafel, untuk mencegah minyak dan lemak yang terkumpul di bawah lubang wastafel.

(hst/eny)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com