Jumat, 15/07/2011 18:45 WIB

Cara Efektif Tingkatkan Kualitas Sperma

Eny Kartikawati - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Anda tengah berharap memiliki momongan? Pastikan pasangan memiliki kualitas sperma yang baik karena hal itu ikut menentukan keberhasilan Anda cepat hamil atau tidak.

Untuk memiliki sperma yang berkualitas baik, mulailah dengan memahami seperti apa sperma yang baik dan sehat. Berikut ini kriterianya seperti dikutip mayoclinic:

1. Kuantitas. Pria bisa mengeluarkan sperma jika dia mengalami ejakulasi. Dalam satu kali ejakulasi, pria akan mengeluarkan air mani yang didalamnya terkandung 39 juta sperma.
2. Kualitas. Seorang pria dikatakan subur jika lebih dari 4 persen spermanya mempunyai bentuk dan struktur yang normal. Sperma yang normal memiliki bentuk kepala oval dan buntut yang panjang. Sperma yang besar, kecil, runcing atau kepalanya kisut dan buntutnya ganda sulit untuk bersatu dengan sel telur.
3. Motilitas. Untuk mencapai sel telur, sperma harus bisa bergerak sendiri dengan berenang dan bergeliat-geliat. Seorang pria disebut subur jika lebih dari 40% spermanya bisa bergerak.

Setelah paham apa saja kriteria sperma yang sehat, langkah berikutnya adalah mengetahui apa saja yang bisa membuat sperma sesuai dengan harapan. Ada beberapa cara mudah agar pria bisa memproduksi sperma yang sehat:

1. Mengonsumsi vitamin. Dengan mengonsumsi multivitamin setiap hari, kebutuhan tubuh akan vitamie E dan C terpenuhi. Kedua vitamin tersebut penting untuk fungsi dan produksi sperma.
2. Banyak makan buah dan sayur. Kedua makanan tersebut kaya antioksidan, yang bisa meningkatkan kesehatan sperma.
3. Atasi stres. Stres bisa menganggu hormon yang membantu produksi sperma. Stres juga bisa menurunkan fungsi seksual.
4. Olahraga. Olahraga atau aktivitas fisik lainnya baik untuk kesehatan reproduksi. Namun jangan sampai terlalu berlebihan juga karena kelelahan bisa membuat kualitas sperma menurun.
5. Jaga berat badan. Terlalu banyak lemak yang menumpuk juga bisa mengganggu produksi hormon reproduksi. Hal itu pun nantinya bisa membuat presentase jumlah sperma yang kurang baik meningkat.

Agar sperma yang dihasilkan benar-benar berkualitas, pria juga perlu menghindari beberapa hal. Berikut ini hal yang harus dibatasi demi mendapatkan sperma sehat:

1. Hindari rokok. Jika ingin memiliki sperma yang sehat, untuk para pria perokok, mulailah mencoba berhenti. Merokok bisa menyebabkan sperma bergerak lambat sehingga akhirnya sulit membuahi sel telur. Merokok juga dapat membuat sperma rusak, sehingga mengganggu perkembangan janin dan si bayi bisa berisiko kanker.
2. Kurangi alkohol. Pria yang sangat suka minum alkohol bisa membuat kualitas dan kuantitas spermanya menurun.
3. Jauhi narkoba. Ganja bisa membuat sperma bergerak lambat dan meningkatkan jumlah sperma yang kualitasnya tidak baik. Sedangkan kokain bisa membuat pria menderita disfungsi ereksi.
4. Kurangi mandi air panas. Menghabiskan waktu lebih dari 30 menit di dalam air yang panasnya 40 derajat celcius atau lebih bisa menurunkan jumlah sperma. Sauna juga bisa menghasilkan efek negatif yang serupa.
5. Batasi waktu bersepeda. Olaharaga bersepeda sedang trend lagi saat ini. Jika pasangan Anda termasuk yang tengah menggilai olahraga ini, minta si dia membatasi waktunya. Berdasarkan penelitian diketahui bersepeda lebih dari 5 jam dalam satu minggu bisa membuat 31-40 persen pria memiliki jumlah sperma di bawah normal.
6. Hindari memakai pelumas saat bercinta. Pelumas seperti lotion ataupun ludah bisa membuat motilitas sperma menurun.


(eny/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com