Jumat, 20/05/2011 12:58 WIB

Shopping Queen

Russian Market, Surga Belanja Tersembunyi di Vietnam

Ruthia Magdalena - wolipop
Russian Market, Surga Belanja Tersembunyi di Vietnam Dok. Wolipop
Jakarta - Untuk yang berencana ke Vietnam, wajib mengunjungi tempat yang satu ini. Saking menariknya tempat yang berisi barang sisa ekspor Vietnam itu, kami bahkan mengunjunginya sampai dua kali!

Masih terletak di kawasan fenomenal Saigon. Sekilas kawasan ini mirip seperti jalan Kuta, Legian, Bali di mana kanan kirinya terdapat deretan toko baik itu butik pakaian, galeri interior, butik aksesoris, dan tentunya cafe serta restoran.

Di tengah toko-toko yang cantik ada sebuah gedung bernama Lucky Plaza. Gedung ini terlihat kurang menarik karena eksterior gedungnya telihat kuno dan kurang terawat jika dibandingkan dengan toko di kanan-kirinya.

Awalnya kami enggan untuk masuk, namun akhirnya kami memutuskan mampir dengan niat mengambil foto untuk referensi artikel. Saat menginjakkan kaki di lantai 1, terdapat toko-toko aksesoris, toko cenderamata dan oleh-oleh khas Vietnam yang harganya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan pasar tradisional yang sebelumnya telah kami kunjungi (Binh Tay market maupun Cho Benh Tanh Market). Melihat hal tersebut kami menjadi tidak tertarik untuk berlama-lama. Tapi karena penasaran kami kemudian naik ke lantai 2.

Sesampainya di lantai dua, ada papan nama yang bertuliskan RUSSIAN MARKET. Kami berpikir tempat itu adalah seperti bazar pakaian musim dingin (karena toko-tokonya diatur seperti model bazar). Kami lalu mulai mencoba menyusuri beberapa gantungan pakaian, tak disangka banyak koleksi pakaian yang cocok dengan gaya berbusana kami. Tertarik untuk menjelajah lebih lanjut, kami berdua sepakat untuk melihat-lihat sebentar.

Melihat display-nya kami mengira pakaian-pakaian ini adalah pakaian bekas. Namun dugaan kami tersebut salah. Menurut salah satu penjual, mayoritas pakaian di sini merupakan sisa ekspor produksi Vietnam, serta barang fashion lokal Vietnam.



Waktu menunjukkan pukul 4 sore sedangkan tempat ini akan tutup pukul 6 sore. Karena waktu yang sempit, kami memutuskan untuk berpencar dan berburu dress. Harga pakaian di sini masih cukup terjangkau, untuk dress atau terusan rata-rata dipatok 100 ribu sampai dengan 600 ribu VND atau sekitar Rp 70 ribu sampai dengan Rp 300 ribu. Kualitas barang yang dijual pun terbilang bagus sekali.



Untuk pecinta fashion yang senang berburu barang murah, tempat ini jangan dilewatkan. Pastikan Anda menyisihkan waktu yang cukup untuk berkeliling dan berburu barang fashion favorit Anda.

Berikut, tips jika ingin berbelanja di Russian Market:

1. Cek baik-baik kualitas barang: Karena umumnya barang yang dijual adalah sisa ekspor, maka ada kemungkinan barang tersebut memiliki cacat produksi. Namun jika jeli memilih, banyak yang kondisinya masih bagus.
2. Coba pakaian yang ingin dibeli: Walau hanya sekadar kelambu, rata-rata pedagang di Russian Market juga menyediakan ruang ganti pakaian.
3. Cobalah menawar: Beberapa toko di sini mematok harga pas alias fixed price. Biasanya tulisan fixed price tertera pada tokonya. Tapi mayoritas barang yang dijual di sini masih bisa ditawar hingga separuh harga.
4. Jangan pikir dua kali: Jika sudah menyukai satu barang dan harganya cocok. Jangan berpikir dua kali untuk membelinya. Karena banyaknya pengunjung yang datang, bisa-bisa Anda kehilangan barang pilihankarena sudah dibeli pengunjung lain.





(fta/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Other Articles

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com