Jumat, 06/05/2011 12:29 WIB

Tips Mewujudkan Kehidupan Seksual yang Sehat

Hestianingsih - wolipop

img
dok. thinkstock
Jakarta - Kehidupan seksual yang sehat tidak hanya ditentukan oleh kualitas dan kuantitas hubungan seks. Lebih dari itu, untuk menciptakan seks sehat, Anda dan pasangan pun harus sehat dulu secara fisik.

Dikutip dari Lifemojo, banyak pasangan suami istri yang hanya fokus memikirkan cara bagaimana agar aktivitas seksual lebih menggairahkan, menyenangkan dan tidak membosankan. Tapi sangat sedikit yang menyadari kesehatan seksual mereka masing-masing.

Kesehatan seksual secara fisik akan membuat kehidupan seksual Anda dan pasangan lebih baik. Hal itu bisa dilakukan sejak dini, dengan memerhatikan lima hal ini:

1. Terapkan Pola Hidup Sehat
Anda bisa menghindari masalah dalam kehidupan seks dengan menjalani gaya hidup sehat. Caranya dengan mengikuti pola diet yang benar dan rajin olahraga. Konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi dan mangan. Dua jenis mineral ini bisa membantu memelihara kesehatan seksual Anda. Selain diet tepat, olahraga secara rutin juga bisa meningkatkan kehidupan seksual Anda. Coba senam aerobik, cardio dan kegel.

2. Tidak Merokok dan Minum Alkohol
Dikutip dari Lifemojo, merokok bisa menyebabkan masalah kehamilan serius pada wanita dan impoten pada pria. Sejumlah studi menunjukan, merokok bisa memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Begitu juga dengan konsumsi minuman beralkohol; mengakibatkan gangguan ereksi, misalnya ejakulasi dini.

3. Cek Kesehatan Secara Berkala
Hal yang normal jika Anda maupun pasangan merasa sehat dan tidak ada masalah seputar penyakit kelamin yang perlu dikhawatirkan. Tapi, penyakit seksual bisa saja terjadi pada setiap orang. Ada baiknya jika Anda dan pasangan melakukan check up kesehatan kelamin, minimal enam bulan sekali untuk mengantisipasi adanya gangguan kelamin lebih dini. Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa lebih nyaman dan aman satu sama lain saat melakukan hubungan seks.

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman
Para dokter menyarankan para pria untuk tidak mengenakan busana yang terlalu ketat. Pakaian terlalu ketat bisa meningkatkan risiko gangguan ereksi pada pria yang memiliki gangguan ereksi ringan. Mengenakan pakaian dalam (khususnya pria) yang nyaman membantu area genital tetap sejuk, sehingga kualitas sperma pun lebih baik.

5. Hindari Pemakaian Obat
Jika mengalami gangguan dalam gairah seksual, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau psikolog. Hindari konsumsi tablet atau pil untuk meningkatka gairah seksual. Meskipun banyak produk yang mengklaim memakai bahan-bahan alami, tetap saja ada campuran kimia yang punya efek samping. Misalnya sakit perut, sakit kepala, penglihatan kabur, mata sensitif terhadap cahaya, sakit pada dada, sakit saat ereksi, pusing dan tekanan darah rendah. Bila tetap ingin memakai obat penambah gairah, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter.

(hst/eya)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com