Kamis, 10/03/2011 13:35 WIB

Smarapura, Resto Nuansa Bali di Tengah Jakarta

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Wolipop
Jakarta - 'Om Swastyastu', ucapan salam dan doa khas masyarakat Bali terdengar dari setiap pelayan saat menyambut tamu yang datang ke restoran di bilangan Tebet ini. Smarapura, begitu restoran ini disebut. Mendengar namanya, mungkin bayangan Anda akan langsung terbawa ke suasana pulau Bali yang indah dan eksotis.

Anda tidak salah, karena Smarapura memang restoran dengan konsep bernuansa Pulau Dewata. Gapura dengan patung dan ukiran khas Bali menyambut saat kami melangkah masuk ke restoran yang berlokasi di Tebet Timur Dalam II No.43, Jakarta Selatan ini.

Bisa dibilang, Smarapura merupakan restoran yang berkonsep semi-outdoor, karena ruang dibiarkan terbuka tanpa pintu maupun jendela. Bagian atap sengaja dibiarkan tanpa plafon dan diberi penutup seperti jerami.

Lampu-lampu dibuat sedikit temaram, dengan lampion bermotif sulur terbuat dari rotan semakin menambah nuansa etnik ala Bali. Di restoran yang didominasi material kayu ini, Anda bisa memilih tiga tempat untuk menikmati makanan santapan Anda.

Smarapura menyediakan tempat di kursi dan meja seperti biasa, gazebo dan lesehan di pendopo. Kami sendiri memilih duduk di kursi dekat kolam kecil yang diberi penerangan lampu berwarna biru.

Setelah puas menikmati interior dan suasana restoran ini, kami pun memesan menu yang tersedia. Menu unggulan Smarapura adalah Iga Bakar Smarapura, Sate Lilit Bali, Plecing Kangkung Bali dan Es Buah Bali.

Selain menu ala carte, tersedia juga menu buffet. Dengan harga Rp 35 Ribu per orang, Anda bisa menikmati ayam bakar, kakap asam manis, plecing buncis, soto babat, aneka sambal dan urap sepuasnya.

Sambil menikmati makanan yang tersaji, telinga kami pun dimanjakan dengan alunan musik etnik yang semakin mengentalkan nuansa Bali. Ya, bisa dibilang, Smarapura membuat para pengunjungnya serasa menikmati liburan sejenak di Bali.

Mungkin memang 'ambience' yang lebih diunggulkan restoran ini. Karena, rasa makanan cenderung tidak terlalu istimewa, hampir sama dengan restoran khas Indonesia pada umumnya.

Tapi bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari kebisingan kota Jakarta dan lebih mengutamakan berkumpul bersama teman atau rekan kerja usai pulang kantor, Smarapura mungkin bisa jadi pilihan tepat. Berkunjung ke sini bersama 4-5 orang, cukup merogoh kocek sekitar Rp 300 ribuan.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com