Rabu, 19/01/2011 08:43 WIB

Panduan Latihan Angkat Beban untuk Pemula

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Angkat beban merupakan olahraga yang bagus untuk pembentukan tubuh, selain aerobik dan pilates. Olahraga ini bisa membentuk otot, membangun tulang yang kuat serta meningkatkan metabolisme dan energi.

Olahraga angkat beban mungkin lebih populer di kalangan pria, tapi bukan berarti wanita tidak bisa melakukannya. Seperti dikutip dari Livestrong, berikut ini tips melakukan olahraga angkat beban bagi pemula, khususnya wanita.

1. Minta Bantuan Instruktur
Sangat penting untuk mengetahui gerakan-gerakan yang benar saat latihan angkat beban. Bagi pemula, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa instruktur fitnes saat pertama kali melakukan olahraga ini.

2. Latihan Tiga Kali Seminggu
Untuk pemula, mulailah dengan rajin latihan kekuatan minimal tiga kali seminggu. Lakukan secara berselang seling; misalnya setiap Senin, Rabu dan Jumat. Atau Selasa, Kamis, Sabtu. Cara ini akan lebih mudah meningkatkan metabolisme tubuh dibandingkan melakukannya tiga hari berturut-turut. Selain itu juga meluangkan waktu bagi tubuh untuk kembali pulih setelah berolahraga.

3. Tentukan Pengulangan dan Durasi
Olahraga angkat beban harus berlangsung selama 20 menit setiap satu sesinya, dengan target pembentukan dua otot. Sebagai contoh, jika ingin fokus pada pembentukan dada dan kaki, Anda bisa melakukan dua gerakan seperti angkat barbel pada dada, diikuti dengan angkat barbel berjongkok. Latihan dengan cara ini dimaksudkan untuk menggerakkan salah satu otot, sementara otot lain beristirahat.

Manfaatkan tiga gerakan yang berbeda untuk setiap kelompok otot, dengan 15 kali pengulangan pada masing-masing gerakan.

4. Buat Program Olahraga
Program angkat beban Anda harus bekerja pada seluruh otot tubuh pada akhir minggu. Misalnya, Senin untuk melatih otot dada, kaki dan perut. Rabu gunakan untuk membentuk otot punggung, trisep dan punggung bagian bawah. Jumat, targetkan latihan pada bahu, bisep dan betis.

5. Pemulihan
Tahap ini cukup penting, pastikan tubuh Anda cukup nutrisi dan istirahat untuk memperbaiki dan memulihkan jaringan otot. Tidurlah yang cukup, banyak minum air putih dan nutrisi yang baik akan mengurangi rasa pegal atau sakit pada otot setelah berolahraga.

Setiap delapan hingga sepuluh minggu, istirahatkan tubuh dari latihan angkat beban selama satu minggu, atau jika tubuh Anda sudah merasa sangat lelah. Waktu satu minggu bisa Anda manfaatkan untuk melihat hasil dari latihan-latihan rutin Anda.

Ada beberapa alternatif latihan yang juga bisa Anda lakukan untuk membentuk otot dan tubuh yang diinginkan. Berikut ini caranya:

4 Manfaat Kickboxing Untuk Tubuh Indah & Sehat
4 Jalan Pintas Menuju Tubuh Langsing
Latihan Tepat Sasaran Untuk Bokong Seksi

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com