Kamis, 16/12/2010 10:05 WIB

Agar Si Kecil Mau Minum ASI dengan Dot

Eya Ekasari - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Walau tidak disarankan, menyusui dengan menggunakan botol biasanya dijadikan pilihan oleh para ibu yang sibuk bekerja. Jika bayi Anda termasuk bayi yang menolak menyusui dengan dot dan botol, ini beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut, seperti yang dikutip dari suite101.

Gunakan botol saat bayi sedang lapar
Terkadang saat si kecil sedang lapar ia tidak memperdulikan dari mana susu yang ia minum. Cobalah untuk mengisi botol susu dengan ASI dan menghangatkannya agar si kecil tidak kaget.

Cobalah memberikan botol susu pada malam hari
Jika bayi terbangun di malam hari, biasakan untuk memberinya botol susu pada saat itu. Biasanya bayi yang sedang mengantuk tidak menyadari bahwa susu yang ia minum bukan berasal dari payudara ibunya.

Istirahat memberikannya botol susu
Jika si kecil menolak menyusui dengan botol selama beberapa hari berturut-turut, berikan si kecil istirahat selama beberapa hari sampai seminggu. Memaksanya untuk menggunakan botol malah akan membuat bayi semakin tidak menyukainya. Namun sebaliknya, jika bayi beristirahat selama beberapa saat, ia akan jauh lebih santai dan ada kemungkinan bisa menerima botol lebih baik.

Cobalah baby cup feeder dan sedotan
Jika si kecil masih susah juga untuk meminum susu dengan dot atau botol. Ada baiknya Anda mencoba menggunakan baby cup feeder (gelas dengan corong khusus
untuk bayi) atau sedotan kecil untuk alternatif cara meminum ASI pada si kecil. Hal ini memang membutuhkan waktu dan perhatian yang lebih lama, namun seringkali berhasil.
(eya/eya)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com