Kamis, 21/10/2010 09:41 WIB

Jumlah Susu Formula Yang Tepat Untuk Bayi

Eya Ekasari - wolipop

img
Dok. : Thinkstock
Jakarta - Walau tidak sebaik ASI, susu formula masih menjadi alternatif para ibu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui seberapa banyak kandungan yang dibutuhkan oleh si kecil.

Terkadang sangat membingungkan menentukan ukuran atau takaran tepat susu formula yang dibutuhkan oleh bayi. Anda dapat menggunakan penghitungan yang sederhana untuk mendapatkan perkiraan kasar berapa ounces formula yang dibutuhkan setiap harinya. Berikut cara menghitung berapa banyak susu formula yang tepat, seperti yang dikutip dari About.com.

Untuk menentukan asupan susu formula yang dibutuhkan, Anda hanya perlu mengalikan dua dengan berat badan bayi. Hasil ini merupakan takaran minimal susu formula yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui takaran minimal, Anda perlu mengetahui takaran maksimalnya. Kalikan 2.5 dengan tinggi bayi untuk mengetahui takaran maksimal asupan formula. Semua hasil pengalian ini dihitung dalam satuan ounces.

Sebagai contoh, bayi Anda memiliki berat sebanyak 12 pon atau sekitar enam kilogram, kemungkinan takaran maksimal yang dibutuhkan adalah sekitar 24-30 ounces atau sekitar 600-700 gram (1 ounces = 28.3 gram) dalam sehari. Setelah itu, yang perlu Anda lakukan adalah membagi jumlah tersebut ke dalam botol susunya. Jika si kecil membutuhkan enam botol susu per harinya, makan ia akan membutuhkan sekitar empat sampai lima ounces susu formula tiap botolnya. Karena jumlah di atas merupakan ukuran maksimal, maka jika jumlah susu yang dikonsumsi bayi Anda tak sebanyak perhitungan di atas, maka itu bukan hal yang berbahaya.

Cara lain untuk memperkirakan jumlah formula bisa juga dilakukan berdasarkan usia si kecil. Berikut takaran susu formula sesuai usia:

1. Bayi baru lahir: berikan sedikit mungkin, kurang lebih sekitar 1 hingga 2 ounces per botol.
2. Satu hingga dua bulan: 3 hingga 4 ounces per botol.
3. Dua hingga enam bulan: 4 hingga 6 ounces per botol.
4. Enam bulan hingga satu tahun: 6 hingga 8 ounces per botol. Jumlah ini tentunya bukanlah patokan yang pasti, mengingat, bayi Anda tak hanya mengkonsumsi susu formula saja setiap harinya. Namun perhitungan ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui jumlah kebutuhan susu bayi setiap harinya.  
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eya/eya)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot