Rabu, 06/10/2010 10:00 WIB

5 Cara Jitu Bangunkan Anak di Pagi Hari

Eya Ekasari - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Membangunkan anak di pagi hari merupakan hal yang memusingkan. Si kecil yang malas bangun menjadi kendala utama. Untungnya ada beberapa langkah mudah untuk membangunkan anak, seperti yang dikutip dari sheknows.

1. Perhatikan perilaku tidur anak.
Anak yang sulit bagun pagi biasanya memiliki perilaku tidur yang buruk dan tidak mudah mengantuk di malam hari. Tanyakan pada si kecil apa yang menyebabkannya susah tidur. Pastikan anak untuk menghindari kafein di waktu sore dan malam hari.

2. Pastikan ia tidur dengan baik.
Kurangnya waktu tidur si kecil bisa jadi salah satu alasan mengapa ia susah bangun pagi. Waktu tidur setiap orang berbeda-beda, berikan ia waktu tidur yang sesuai untuknya. Rata-rata tidur anak kecil mulai dari 8 hingga 9 jam.

3. Coba cara membangunkan yang berbeda.
Untuk beberapa anak, mematikan lampu merupakan cara membangunkan paling tepat. Bagi anak lain, metode yang tepat adalah dengan cara mengguncang-guncangkan badan atau menyalakan alarm. Cari metode yang paling ampuh dan sesuai untuk anak Anda.

4. Buat sarapan.
Aroma sarapan yang nikmat bisa jadi salah satu trik agar si kecil tidak bangun dengan malas-malasan. Cobalah untuk memenuhi rumah Anda dengan aroma lezat yang akan menarik perhatian si kecil dari kamar mereka.

5. Berikan tanggung jawab.
Jika anak susah untuk bangun pagi karena selalu tidur malam yang dapat mengakibatkan keterlambatan tiba di sekolah, orang tua dapat memberi pelajaran dengan tidak membangunkan anak dan memberi kesempatan kepadanya untuk belajar dari kejadian tersebut. Pelan tapi pasti, cara ini akan meningkatkan tanggung jawab sang anak dengan sendirinya.
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eya/eya)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot