Sabtu, 14/08/2010 12:05 WIB

Cara Cepat Menghilangkan Noda di Baju

Kiki Oktaviani - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Noda pada pakaian tentunya membuat Anda sangat kesal. Berikut cara menghilangkan noda-noda membandel.

Noda Lilin/Krayon
Saat asik menemani si kecil menggambar, terkadang pakaian Anda menjadi korban corat-coret. Untuk menghilangkannya, Anda membutuhkan kertas lilin.

Letakkan kertas lilin di atas dan di bawah noda lilin/krayon tersebut. Kemudian, panaskan noda tersebut dengan setrika pada mode sedang (medium). Jika noda masih ada, taruhlah handuk di atas kertas lilin tersebut dan panaskan dengan mode terpanas (high) sesuai yang direkomendasikan pada 'washing label' pakaian. Nodapun akan berpindah ke kertas lilin tersebut.

Noda Tinta
Noda tinta paling sering menimpa para pekerja. Pena yang bocor dan menetes ke baju Anda sering membuat Anda dibuat kesal. Diperlukan penanganan dini agar noda tinta dapat menghilang.

Segeralah tempelkan spon lembab atau lap hingga tidak ada lagi tinta yang berpindah. Kemudian keringkan pakaian tersebut dan semprotkan noda dengan hairspray. Tekan noda dari dua arah dengan menggunakan handuk. Tunggu hingga noda terangkat dan cuci pakaian yang terkena noda.

Noda Permet Karet
Sial. Mungkin itu kata yang keluar ketika Anda mendapatkan sebuah permen karet menempel pada baju kesayangan. Biasanya noda ini disebabkan ulah orang-orang iseng yang membuang permen karetnya di sembarangan tempat.

Ada beberapa cara untuk mengangkat noda permen karet dari pakaian Anda. Salah satunya adalah dengan menggosokkan noda tersebut dengan es batu. Perlahan-lahan noda permen karet akan terangkat. Jika Anda tidak ingin kedinginan, simpan saja pakaian Anda di dalam freezer beberapa saat.

Cara lain untuk mengangkat noda permen karet adalah dengan menyemprotkan spray WD-40 yang biasa digunakan untuk membersihkan mesin kendaraan bermotor. Tinggalkan sejenak hingga noda permen karet terlepas dari pakaian.

Noda Coklat
Saat terburu-buru, tidak sengaja Anda menabrak orang yang sedang membawa segelas coklat panas dan 'byarr!'. Tumpahlah hot chocolate tersebut tepat di pakaian Anda.

Pertama-tama, gosok noda coklat tersebut dengan hati-hati. Kemudian bilas noda dengan air dingin dari belakang hingga noda terangkat sebanyak mungkin. Perlahan-lahan gosok noda dengan thiner selama lima menit, lalu rendam selama 10 hingga 15 menit di dalam air dingin. Ulangi hingga tidak ada lagi noda coklat yang tertinggal, kemudian cuci pakaian Anda.

(kik/fer)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com