Jumat, 06/08/2010 10:09 WIB

Makanan Wajib Pasca Melahirkan

Riska Wandira - wolipop
Makanan Wajib Pasca Melahirkan Dok. Thinkstock
Jakarta - Setelah melahirkan adalah saat dimana tubuh Anda sedang dalam proses pemulihan. Anda juga harus menghadapi perubahaan hormin pasca melahirkan. Jika Anda tidak pintar menjaga kondisitubuh, maka peran baru Anda ini akan sangat melelahkan.

Jika Anda tidak segera atasi, kondisi seperti ini dapat menimbulkan postpartum depression (PPD), yakni kondisi dimana Anda yang baru melahirkan mengalami depresi karena tidak siap menyesuaikan diri dengan keadaan pasca melahirkan. Salah satu menyiasatinya adalah melalui makanan. Makanan dapat mempercepat proses pemulihan, mempengaruhi mood sekaligus meningkatkan kualitas ASI.

Apa saja makanannya? Ini dia daftarnya!

1. Susu : Bukan hanya bayi Anda saja yang membutuhkan susu, tetapi Anda juga butuh minum susu untuk kebugaran.

2. Minyak Omega-3 : Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan minyak omega-3, seperti salmon, minyak biji rami dan kenari yang dipercaya meningkatkan fungsi otak dan dapat membantu penanganan depresi,

3. Suplemen Omega-3 : Jika Anda membatasi asupan ikan karena khawatir dengan kandungan merkuri yang mencemarinya, Anda bisa memilih konsumsi suplemen omega-3 yang terbuat dari sari minyak ikan yang cukup aman bagi ibu menyusui.

4. Protein : Otak sangat membutuhkan protein seperti yang terdapat dalam produk susu, kedelai, daging, dan ikan untuk menghasilkan neurotransmitter serotonin yang memiliki efek menenangkan pada otak. Untuk meningkatkan asupan protein Anda, cobalah orak-arik telur untuk sarapan atau sandwich daging sapi untuk makan siang. Untuk camilan, Anda bisa memilih yoghurt, keju, dan biskuit.

5. Minum air putih : Dehidrasi akan membuat kondisi semakin lebih buruk. Kelelahan dan kecemasan merupakan gejala dari dehidrasi. Untuk itu, minumlah 8 gelas air perhari.

6. Batasi kafein : 1 - 2 cangkir kopi dapat membantu agar semangat untuk beraktivitas di pagi hari. Tetapi jika Anda minum minuman berkafein sepanjang hari agar mata tetap terjaga karena malam harinya kurang tidur, justru hal ini mengakibatkan Anda menjadi gelisah, lelah, mudah tersinggung, dan mengalami gangguan mood. Jika Anda ingin bebas kafein sama sekali, lakukan secara perlahan, jangan drastis. Berhenti minum secara mendadak dapat menyebabkan sakit kepala sementara, kelesuan, hingga sifat mudah tersinggung.

7. Dark Chocolate : Jika Anda harus makan sesuatu yang mengandung banyak gula, makanlah coklat. Dark chocolate kualitas tinggi dengan kadar cocoa lebih dari 70 persen, dapat meningkatkan mood dengan meningkatnya kadar serotonin di otak.

8. Sereal Gandum :
Untuk membantu menambah energi di pagi hari usai malam yang melelahkan, sereal gandum adalah makanan ideal untuk memulai hari.

9. Sayuran Berdaun Hijau : Bayam, brokoli, dan sayuran berdaun hijau lainnya memiliki manfaat yang banyak dan beragam, dapat menjadi sumber kalsium non susu, mengandung vitamin C, zat besi, dan kaya antioksidan.

10. Jeruk : Buah jeruk merupakan makanan yang baik untuk menambah energi bagi Anda. Anda butuh vitamin C lebih banyak ketimbang saat ia sedang mengandung. Jika tak bisa mendapatkan buah aslinya, jus jeruk juga bisa membantu.

(eya/fer)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com