Jumat, 06/08/2010 10:09 WIB

Makanan Wajib Pasca Melahirkan

Riska Wandira - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Setelah melahirkan adalah saat dimana tubuh Anda sedang dalam proses pemulihan. Anda juga harus menghadapi perubahaan hormin pasca melahirkan. Jika Anda tidak pintar menjaga kondisitubuh, maka peran baru Anda ini akan sangat melelahkan.

Jika Anda tidak segera atasi, kondisi seperti ini dapat menimbulkan postpartum depression (PPD), yakni kondisi dimana Anda yang baru melahirkan mengalami depresi karena tidak siap menyesuaikan diri dengan keadaan pasca melahirkan. Salah satu menyiasatinya adalah melalui makanan. Makanan dapat mempercepat proses pemulihan, mempengaruhi mood sekaligus meningkatkan kualitas ASI.

Apa saja makanannya? Ini dia daftarnya!

1. Susu : Bukan hanya bayi Anda saja yang membutuhkan susu, tetapi Anda juga butuh minum susu untuk kebugaran.

2. Minyak Omega-3 : Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan minyak omega-3, seperti salmon, minyak biji rami dan kenari yang dipercaya meningkatkan fungsi otak dan dapat membantu penanganan depresi,

3. Suplemen Omega-3 : Jika Anda membatasi asupan ikan karena khawatir dengan kandungan merkuri yang mencemarinya, Anda bisa memilih konsumsi suplemen omega-3 yang terbuat dari sari minyak ikan yang cukup aman bagi ibu menyusui.

4. Protein : Otak sangat membutuhkan protein seperti yang terdapat dalam produk susu, kedelai, daging, dan ikan untuk menghasilkan neurotransmitter serotonin yang memiliki efek menenangkan pada otak. Untuk meningkatkan asupan protein Anda, cobalah orak-arik telur untuk sarapan atau sandwich daging sapi untuk makan siang. Untuk camilan, Anda bisa memilih yoghurt, keju, dan biskuit.Next

Halaman 1 2
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eya/fer)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com