Minggu, 04/07/2010 14:11 WIB

Kelainan Jiwa Yang Diakibatkan Kurang Tidur

Eya Ekasari - wolipop

img
dok.: Thinkstock
Jakarta - Anda merasa sulit tidur? Atau waktu tidur Anda berkurang karena aktifitas yang tinggi? Hati-hati karena hal itu akan mempengaruhi kesehatan jiwa Anda!

Gangguan tidur yang mengakibatkan waktu tidur berkurang ternyata dapat mempengaruhi kesehatan jiwa. Hal itu diungkap oleh peneliti asal Universitas Harvard, Amerika Serikat yang dikutip dari Telegraph.

Menurut para peneliti tersebut, kurang tidur berakibat langsung pada mental seseorang. Efek samping yang paling sering terjadi adalah depresi. Namun banyak juga yang mengalami kesulitan untuk konsentrasi (Attention Deficit Disorder). Selain itu stres dan depresi juga bisa dialami seseorang yang kurang tidur.

Penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa saat seseorang kurang tidur, maka terjadi perubahan fluktuasi hormon dalam tubuh. Hormon-hormon yang mengatur kondisi kejiwaan seseorang pun ikut berubah. Sehingga kondisi mental dan kejiwaan bisa terpengaruh karenanya.

Anda tak perlu khawatir, karena belum ada data yang jelas mengenai pasien yang kejiwaannya seketika berubah karena kurang tidur. Para peneliti itu hanya menghimbau untuk tak menyepelekan gangguan tidur. Sebaiknya segera konsultasikan keadaan tersebut pada dokter Anda sebelum kondisinya memburuk.

(eya/fer)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com