Sabtu, 08/05/2010 14:29 WIB

Waspada Bergaul di Dunia Maya

Amelia Ayu Kinanti - wolipop
Waspada Bergaul di Dunia Maya Dok. : Thinkstock
Jakarta - Zaman semakin modern dan sosialisasi tak hanya bisa dilakukan secara langsung. Aplikasi jejaring sosial dalam dunia maya pun lebih populer berkat kecanggihan teknologi.

Namun bergaul di dunia maya tak selamanya aman. Salah-salah langkah, Anda malah bisa menjadi korban cybercrime. Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi, sebaiknya simak tujuh langkah cerdik bergaul di dunia maya, seperti dikutip dari Connect Safely.

1. Ingatlah bahwa apapun yang Anda tuangkan di chat room, sistemnya selalu realtime dan tidak bisa dihapus setelah di-posting. Artinya, sebelum mengetik/posting suatu hal, sebaiknya pikir kembali apakah itu akan menjadi suatu masalah ke depannya atau tidak.

2. Jangan publikasikan informasi yang sifatnya personal. Seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, atau data pribadi lainnya.

3. Jika ingin 'ketemuan' dengan seseorang, ajaklah teman atau kerabat untuk menemani Anda, dan sebaiknya pilih yang lebih dewasa. Jangan lantas terlena dengan sosok fisik di gambar yang orang itu gunakan di chat room, dan bertemulah di tempat umum.

4. Jangan umbar kegiatan sehari-hari Anda. Seperti mau ke mana Anda hari ini dan aktivitas pribadi lainnya.

5. Pakailah nickname (nama panggilan/inisial). Ingatlah selalu bahwa internet itu terkenal dengan karakter anonim yang kerap menyembunyikan identitas pribadi.

6. Jika ada seseorang yang mulai aneh-aneh dan menakutkan, sebaiknya langsung blokir dan jangan direspon.

7. Hindarilah ruang pembicaraan yang topik pembicaraannya membahas seputar seks. Hal ini akan sangat berbahaya, terlebih bagi anak-anak dan perempuan, sebab forum seperti itu kerap kali menjadi sarang predator sex atau pedofilia.

(kee/fer)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177