Rabu, 17/03/2010 16:20 WIB

Mengatasi Morning Sick

Kiki Oktaviani - wolipop
Mengatasi Morning Sick herbalgranny
Jakarta - Kehamilan dapat menjadi pengalaman yang indah. Namun, dalam bulan-bulan pertama kehamilan hampir setiap perempuan mengalami gejala yang tidak menyenangkan, misalnya mual di pagi hari.

Morning sick adalah kombinasi dari gejala seperti mual dan muntah, kadang-kadang disertai dengan pusing, sakit punggung, sakit kepala, kram perut bagian bawah atau sembelit. Biasanya muncul dalam trimester pertama kehamilan (minggu keempat
dan keenam).

Morning sick merupakan tanda kehamilan yang sehat. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal - Obstetri dan Ginekologi menunjukkan bahwa wanita yang mengalami gejala ini memiliki resiko yang lebih rendah keguguran dan cacat pada bayi.

Meskipun belum ada obat untuk mengatasi morning sick. Namun dengan beberapa tips berikut akan membantu untuk mengurangi gejala morning sick.

1. Hindari tempat-tempat panas berlebihan, karena akan memicu mual. Untuk menghindari rasa pusing dan mual, bangun perlahan-lahanĀ  dari tempat tidur pada pagi hari. Banyak istirahat dan menghindari stres agar tidak menimbulkan rasa
kelelehan dan gelisah juga bisa Anda lakukan untuk menghindari morning sick.

2. Dianjurkan agar Anda menghindari pedas dan makanan yang banyak minyak. Lebih baik untuk makan beberapa makanan kecil, seperti cookies dan oatmeal. Makanan ini sangat baik dimakan pada malam hari sebelum tidur untuk menjaga kadar gula
tetap seimbang, serta menurunkan rasa mual pada pagi hari.

3. Makan makanan yang dingin sebagai alternatif yang lebih baik, daripada makanan panas, karena makanan panas lebih beraroma sehingga dapat memcicu rasa mual.

4. Vitamin B6 dan B12 dapat mengurangi rasa mual dan muntah. Disarankan untuk Menghindari suplemen zat besi, kecuali Anda mengalami anemia, karena suplemen zat besi cenderung membuat perut menjadi keras dan kram. Konsultasikan dengan dokter Anda bila harus minum suplemen zat besi.

5. Aroma-aroma makanan atau aroma ruangan dapat memicu gejala mual dan muntah. Aroma dari jeruk dan lemon biasanya efektif untuk mengurangi rasa mual.

6. Teh jahe dapat membantu mengurangi mual. Teh peppermint dapat juga membantu dalam pencernaan.

7. selain itu meminum satu sendok teh cuka sari apel setiap pagi akan membantumencegah mual dan gangguan pencernaan karena dapat menetralkan kelebihan asam lambung di dalam perut.

(kik/kee)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com